Tes Kemampuan Dasar (TKD) Wawasan Kebangsaan






Tes Kemampuan Dasar dalam Tes CPNS


Tentunya anda sebagai calon peserta Ujian CPNS mengetahui jenis tes ini, tapi pernahkah anda memahami secara rinci tentang apa saja tes-tes yang akan di ujikan di dalamnya?

Tes Wawasan Kebangsaan dalam Tes CPNS


Tes Kemampuan Dasar / Tes Kompetensi Dasar yang sering di singkat dengan TKD adalah jenis tes yang membahas soal-soal berkaitan dengan Tes Kepribadian, Tes Intelegensi umum serta Wawasan Kebangsaan. Dalam soal yang berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan yang akan kita pelajari antara lain :

  1. Pancasila
  2. Bhineka Tunggal Ika
  3. UUD 45
  4. Tata Negara
  5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
  6. Sejarah Indonesia
  7. Bahasa Indonesia
  8. Bahasa Inggris
  9. Wawasan Umum
 Yang perlu anda ingat dalam Tes CPNS adalah Tes yang satu ini tidak hanya membahas masalah kita bisa lulus dengan pasing grade atau tidak, tapi kita juga perlu mengetahui bahwa tes CPNS adalah tes yang tidak hanya menentukan kelulusan tetapi juga kita harus mempersiapkan diri supaya menjadi yang terbaik. Hal ini disebabkan tes yang membutuhkan beberapa calon tapi yang berminat mencapai Ratusan bahkan Ribuan orang dan saling memperebutkan untuk bisa menjadi calon terbaik.


Karakter Soal Ujian CPNS

Ingat.. tes CPNS bukanlah tes anak sekolah, tetapi Tes CPNS adalah tes yang memperebutkan sebuah Pekerjaan dan Karir. Untuk bisa mencapai tujuan yang kita inginkan, selain pengalaman peribadi kita juga memerlukan pendalaman wawasan kita terhadap segala situasi yang ada di sekitar kita yang salah satunya berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan. Kenapa Wawasan Kebangsaan perlu kita dalami?

Wawasan Kebangsaan adalah wawasan yang mendasar pada tes CPNS yang akan menunjukkan tingkat pengetahuan kita terhadap Negara baik dari segi tatanan, sejarah maupun peraturan yang ada di dalamnya. Kita tak perlu untuk mempelajari secara serius jenis materi TKD ini, kita hanya butuh untuk memperbanyak membaca dan mencoba untuk memahami isi yang terkandung di dalamnya. TKD tidak sama dengan tes KOMPETENSI BIDANG yang memang berkaitan dengan pemahaman bidang yang kita geluti secara profesional tes INTELEGENSI UMUM memerlukan banyak hafalan terkait kata-kata dalam kamus besar bahasa Indonesia, Banyak Latihan mengenai soal numerik serta pola pikir yang mempengaruhi sebuah Karekter.

0 Response to "Tes Kemampuan Dasar (TKD) Wawasan Kebangsaan"

Posting Komentar