Tes Kemampuan Dasar (TKD) Karakter P ribadi




Tes Karakter Pribadi (TKP)

adalah tes yang secara tidak langsung menilai kepribadian anda dari jawaban-jawaban yang anda berikan, baik dari segi tertulis, cara bicara, sikap maupun jawaban dan pendapat anda terhadap suatu masalah. Secara langsung maupun tidak langsung hal tersebut dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri anda secara anda sadari maupin tidak anda sadari.

Apa Saja TKP yang ada dalam soal CPNS?

mari kita sedikit-demi sedikit mengulas tentang soal-soal yang terdapat dalam tes CPNS yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam belajar mengenai karakter yang akan di ujikan. Soal-soal tersebut meliputi :
  1. Tes Integritas diri;
  2. Tes Semangat berprestasi;
  3. Tes Kreatifitas dan inovasi;
  4. Tes Orientasi pada pelayanan;
  5. Tes Orientasi kepada orang lain;
  6. Tes Kemampuan beradaptasi;
  7. Tes Kemampuan mengendalikan diri;
  8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan;
  11. Tes Kemamapuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Perlu anda ketahui bahwa disini tidak adal jawaban yang benar atau jawaban yang salah, tetapi setiap jawaban akan memiliki poin masing-masing antara poin negatif dan poin positif. Anda hanya perlu memberi jawaban yang menurut anda paling baik, benar dan anda tetap konsisten dalam jawaban anda. Sebaiknya anda memiliki alasan tertentu dalam jawaban yang anda berikan, karena alasan yang rasional dan masuk dalam logika akan jauh lebih baik dari pada jawaban yang terbaik tapi tidak ada alasan khusus terhadap apa yang dijadikan jawaban. 

Tes Jenis Kepribadian ini sering di sebut  digunakan sebagai alat untuk membongkar karakter seseorang, biasanya tes jenis ini digunakan dalam wawancara. Wawancara biasanya akan menentukan jawaban-jawaban seseorang apakah bisa dipertanggung jawabkan alias konsisten ataukah akan berubah-ubah sesuai dengan pancingan-pancingan yang akan diberikan oleh orang yang mewancarai kita.

Di Dalam tes CPNS mungkin anda hanya perlu mencari jawaban yang paling benar menurut anda, karena soal yang akan anda hadapi adalah soal Tertulis.

0 Response to "Tes Kemampuan Dasar (TKD) Karakter P ribadi"

Posting Komentar